Tips Menurunkan Berat Badan

Berat badan menjadi momok bagi kehidupan masa kini. Baik pria dan wanita punya keluhan yang sama, setiap diri ingin memiliki berat badan yang ideal. Bagi yang memiliki badan yang kurus, ingin menambah berat badannya. Sebaliknya bagi yang sudah memiliki kelebihan berat badan, mengusahakan segala cara untuk bisa menurunkan berat badannya beberapa kilo, menuju berat badan yang dianggap ideal .

 

Untuk mengetahui apakah berat badan yang dimiliki sekarang tergolong kategori ideal atau tidak dapat dihitung dengan menggunakan rumus sederhana. Perhitungan berat badan secara sederhana dapat diperoleh dengan menggunakan ukuran tinggi badan dan berat badan. Perhitungan berat badan berdasarkan Body Mass Index (BMI) adalah berat badan (kg) dibagi dengan hasil kuadrat dari tinggi badan (m2). Jika sekarang Anda punya berat badan 50 kg , dan tinggi badan 150 cm, maka hasil perhitungan yang diperoleh adalah 22,22.

 

Naaah, untuk mengetahui berat badan tergolong ideal atau tidak, dapat melihat standarrd berat badan dibawah ini:
BMI < 18,5 maka berat badan anda tergolong kurang (under weight)
BMI = 18,5 – 24 maka berat badan anda tergolong normal
BMI > 25 – 29 maka berat badan anda tergolong berlebih ( over weight)
BMI = 30 maka berat badan anda tergolong obesitas
Dari hasil perhitungan tersebut, dengan perolehan sebesar 22,22 maka berat badan tergolong normal. Pertanyaannya adalah bagaimana kalo memperoleh berat badan yang diatas normal atau dibawah normal. Apa yang bisa dilakukan untuk mencapai berat badan normal.

 

Kali ini, saya akan berbagi tentang cara menurunkan berat badan. Banyak jenis diet yang sudah bertebaran di halama google atau tips-tips dari sahabat ataupun training yang menuntun Anda untuk  mengatur pola makan. Namun yang harus diperhatikan adalah berhati-hatilah dalam memilih pola diet yang akan anda terapkan, karena dikhawatirkan akan terjadi efek yoyo. Efek yoyo adalah akibat dari pola diet yang salah. Pada awal-awal diet, berat badan anda bisa turun 3-5 kg, namun setelah beberapa lama, berat badan anda malah justru jadi naik 5-10 kg. Yang menyebabkan anda malah jadi malas untuk mengatur pola makan yang lebih sehat. Efek yoyo ini disebabkan karena diet yang dilakukan hanya mengeluarkan air dari dalam tubuh, bukan lemaknya yang menjadi penyebab utama. Penerapan diet yang salah dapat menyebabkan pingsan, dehidrasi atau bisa berakibat  gagal jantung.  Gak mau dong pasti kalo sampe fatal begitu akibatnya.
Tubuh kita secara normal membutuhkan karbohidrat sebesar 60-65 %, lemak sebesar 20-25%, dan protein sebesar 15-20 % serta asupan air, vitamin dan mineral. Diet yang baik akan membuang lemak dan racun dalam tubuh dengan tetap mempertahankan massa otot. Pada penerapan diet yang salah hanya massa otot yang dipecah bukan lemak dan racun yang dikeluarkan. Efek inilah yang bisa membuat orang yang melakukan diet merasakan  dehidrasi, pusing, lemas atau pingsan. Diet yang diterapkan terlalu menyiksa tubuh, sehingga tubuh menolak untuk beradaptasi.

 

Dari berbagai jenis diet yang beredar, ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan. Pastikan bahwa diet yang diterapkan tersebut masih rasional untuk bisa mencapai tujuan yaitu untuk menurunkan berat badan. Diet yang rasional untuk menurunkan berat badan menerapkan hal-hal berikut:

 

1. Diet tersebut tetap menganjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat, protein, lemak, serat serta mineral. Yang dikurangi adalah asupan kalori yang terkandung dalam makanan tersebut.

2. Anjuran untuk memperbanyak konsumsi air putih untuk mengganti asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh
3. Anjuran untuk mengurangi konsumsi minuman bersoda.

4. Anjuran untuk rutin melakukan olahraga. Olahraga yang cocok untuk membakar lemak adalah olahraga kardio seperti senam, aerobik, jalan pagi atau berenang. Aktifitas olahraga ini bisa dilakukan sekitar 150 menit per minggu. Dengan waktu tersebut, anda bisa mengatur jadwal olahraga sebanyak 3 x 50 menit per minggu, atau disesuaikan dengan jadwal yang anda miliki.

5. Ini adalah yang tak kalah pentingnya, harus memiliki kesabaran dalam mematuhi setiap urutan pola diet. Efek penurunan berat badan yang baik baru  dapat terlihat setelah beberapa bulan melakukan diet, bukan secara spontan. JIka terjadi secara spontan, maka akan cepat juga kembali ke kondisi semula.

 

Itu, sedikit tips dari sehati untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. Selamat ber-diet ria ^^

Salam Sehat

 

 

 

 

2 thoughts on “Tips Menurunkan Berat Badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *