Tips Menurunkan Berat Badan

Berat badan menjadi momok bagi kehidupan masa kini. Baik pria dan wanita punya keluhan yang sama, setiap diri ingin memiliki berat badan yang ideal. Bagi yang memiliki badan yang kurus, ingin menambah berat badannya. Sebaliknya bagi yang sudah memiliki kelebihan berat badan, mengusahakan segala cara untuk bisa menurunkan berat badannya beberapa kilo, menuju berat badan yang dianggap ideal .

 

Untuk mengetahui apakah berat badan yang dimiliki sekarang tergolong kategori ideal atau tidak dapat dihitung dengan menggunakan rumus sederhana. Perhitungan berat badan secara sederhana dapat diperoleh dengan menggunakan ukuran tinggi badan dan berat badan. Perhitungan berat badan berdasarkan Body Mass Index (BMI) adalah berat badan (kg) dibagi dengan hasil kuadrat dari tinggi badan (m2). Jika sekarang Anda punya berat badan 50 kg , dan tinggi badan 150 cm, maka hasil perhitungan yang diperoleh adalah 22,22.

 

Naaah, untuk mengetahui berat badan tergolong ideal atau tidak, dapat melihat standarrd berat badan dibawah ini:
BMI < 18,5 maka berat badan anda tergolong kurang (under weight)
BMI = 18,5 – 24 maka berat badan anda tergolong normal
BMI > 25 – 29 maka berat badan anda tergolong berlebih ( over weight)
BMI = 30 maka berat badan anda tergolong obesitas
Dari hasil perhitungan tersebut, dengan perolehan sebesar 22,22 maka berat badan tergolong normal. Pertanyaannya adalah bagaimana kalo memperoleh berat badan yang diatas normal atau dibawah normal. Apa yang bisa dilakukan untuk mencapai berat badan normal.

 

Kali ini, saya akan berbagi tentang cara menurunkan berat badan. Banyak jenis diet yang sudah bertebaran di halama google atau tips-tips dari sahabat ataupun training yang menuntun Anda untuk  mengatur pola makan. Namun yang harus diperhatikan adalah berhati-hatilah dalam memilih pola diet yang akan anda terapkan, karena dikhawatirkan akan terjadi efek yoyo. Efek yoyo adalah akibat dari pola diet yang salah. Pada awal-awal diet, berat badan anda bisa turun 3-5 kg, namun setelah beberapa lama, berat badan anda malah justru jadi naik 5-10 kg. Yang menyebabkan anda malah jadi malas untuk mengatur pola makan yang lebih sehat. Efek yoyo ini disebabkan karena diet yang dilakukan hanya mengeluarkan air dari dalam tubuh, bukan lemaknya yang menjadi penyebab utama. Penerapan diet yang salah dapat menyebabkan pingsan, dehidrasi atau bisa berakibat  gagal jantung.  Gak mau dong pasti kalo sampe fatal begitu akibatnya.
Tubuh kita secara normal membutuhkan karbohidrat sebesar 60-65 %, lemak sebesar 20-25%, dan protein sebesar 15-20 % serta asupan air, vitamin dan mineral. Diet yang baik akan membuang lemak dan racun dalam tubuh dengan tetap mempertahankan massa otot. Pada penerapan diet yang salah hanya massa otot yang dipecah bukan lemak dan racun yang dikeluarkan. Efek inilah yang bisa membuat orang yang melakukan diet merasakan  dehidrasi, pusing, lemas atau pingsan. Diet yang diterapkan terlalu menyiksa tubuh, sehingga tubuh menolak untuk beradaptasi.

 

Dari berbagai jenis diet yang beredar, ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan. Pastikan bahwa diet yang diterapkan tersebut masih rasional untuk bisa mencapai tujuan yaitu untuk menurunkan berat badan. Diet yang rasional untuk menurunkan berat badan menerapkan hal-hal berikut:

 

1. Diet tersebut tetap menganjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat, protein, lemak, serat serta mineral. Yang dikurangi adalah asupan kalori yang terkandung dalam makanan tersebut.

2. Anjuran untuk memperbanyak konsumsi air putih untuk mengganti asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh
3. Anjuran untuk mengurangi konsumsi minuman bersoda.

4. Anjuran untuk rutin melakukan olahraga. Olahraga yang cocok untuk membakar lemak adalah olahraga kardio seperti senam, aerobik, jalan pagi atau berenang. Aktifitas olahraga ini bisa dilakukan sekitar 150 menit per minggu. Dengan waktu tersebut, anda bisa mengatur jadwal olahraga sebanyak 3 x 50 menit per minggu, atau disesuaikan dengan jadwal yang anda miliki.

5. Ini adalah yang tak kalah pentingnya, harus memiliki kesabaran dalam mematuhi setiap urutan pola diet. Efek penurunan berat badan yang baik baru  dapat terlihat setelah beberapa bulan melakukan diet, bukan secara spontan. JIka terjadi secara spontan, maka akan cepat juga kembali ke kondisi semula.

 

Itu, sedikit tips dari sehati untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. Selamat ber-diet ria ^^

Salam Sehat

 

 

 

 

Diet Sehat Untuk Menangkal Radiasi

Hidup di era digital ‘memaksa’ kita untuk ‘bersahabat’ dengan radiasi. Mulai dari bangun tidur hingga bangun dari tidur kita selalu akrab dengan si radiasi. Pemakaian handphone yang tak cuma punya satu, laptop, komputer, televisi  semua mengandung radiasi. Terlebih pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk duduk manis di belakang meja. Sepanjang hari, terkadang malah ditambah waktu lembur, berhadapan dengan layar monitor yang membawa radiasi.  Terlebih, terkadang untuk melepas lelah setelah seharian bekerja, kita juga suka berleha-leha main game di depan layar monitor yang lagi-lagi membawa radiasi.

Bukanlah hal baru, bahwa radiasi elektromagnetik dari berbagai alat elektronik yang dekat dengan kehidupan kita sehari-hari membawa efek negatif bagi tubuh. Efek radiasi elektromagnetik tersebut berperan pada senyawa radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. Mulai dari terganggunya kesuburan baik pada pria atau wanita, mutasi sel, iritasi kulit, kerusakan kromosom hingga dapat mempengaruhi kerusakan DNA secara dini.

Berapa banyak  dalam sehari kita terpapar radiasi?..
Seberapa mampu tubuh kita untuk terus melawan efek buruk dari radiasi tersebut?

Melihat lamanya kita berinteraksi dan bahkan ‘ketergantungan’ dengan benda-benda pembawa radiasi tersebut, ada diet sehat yang bisa kita lakukan untuk menangkal radiasi dengan memperbanyak makan :

1. Makanan kaya antioksidan

Alpukat dan strawberi  merupakan buah yangkaya antioksidan. Kaya akan vitamin A dan vitamin C. Cara baik untuk mendapatkan kedua manfaat vitamin tersebut dengan mengkonsumsi alpukat atau strawberi dengan mencampurkannya dengan gula. Dengan cara ini, Anda dapat memperoleh manfaat vitamin A yang sudah larut dalam lemak dan gula. Sedangkan vitamin C sendiri merupakan vitamin yang larut air, jadi ia akan larut dengan sendirinya di dalam tubuh.

buah kaya antioksidan

buah kaya antioksidan

2. Makanan kaya vitamin A

Sejak kecil kita selalu dijejalin dengan sebuah lagu yang sudah terpatri di ingatan, “kurang vitamin A berarti harus banyak makan wortel”. Naahh semoga lagu tersebut tidak hanya menjadi lagu masa kecil tetapi juga dapat diterapkan untuk membantu mengurangi radiasi pada mata yang sangat lama terpapar radiasi.

3. Makanan kaya vitamin C

Buah jeruk  selain bikin suasana jiwa bikin melek dan tambah seger, dia juga punya pedang ampuh untuk menangkis serbuan radiasi berkat kandungan vitamin C-nya. Baiknya jeruk ini dikonsumsi segar saja, tak usah di jus atau diseduh air hangat. Selain, mengurangi sensasi segarnya, perlakuan ini juga mengakibatkan berkurang dan rusaknya  kandungan vitamin C yang bisa tubuh serap dengan baik.

4. Makanan kaya pektin

Apel adalah salah satu jenis buah yang juga kaya akan antioksidan. Selain itu, buah ini merupakan buah yang kaya akan kandungan pektin. Selain apel, buah lain yang kaya akan pektin juga terdapat di  jambu merah, plum, labu dan juga jeruk. Pektin ini memiliki kemampuan untuk mengikat residu radioaktif dan membawa keluar dari dalam tubuh tentunya membuang lewat saluran pencernaaan.

5. Makanan kaya klorofil

Spirulina, alfalafa, chlorella merupakan contoh makanan yang kaya akan klorofil. Di masyarakat kita, konsumsi jenis makanan yang kaya akan klorofil masih sangat jarang. Harganya yang mahal membuat makanan ini tergolong kategori tersier dan bersahabat dengan kantong kalangan high. Klorofil ini memiliki kemampuan untuk menetralisir radiasi, mengeluarkan zat-zat racun, dan mendetoksifikasi tubuh. Namun jangan khawatir, kita masih bisa mengambil manfaat klorofil tersebut dari sayur berdaun hijau.

Namun yang jadi catatan penting adalah perhatikan buah dan sayur yang Anda konsumsi. Pastikan bahwa buah dan sayur tersebut bebas dari pestisida dan pupuk.  Hal tersebut dapat ditempuh dengan cara sederhana yaitu  mencuci buah dan sayur yang akan kita konsumsi dengan air keran yang mengalir.

 

Salam Sehat

 

Sumber gambar dan referensi:

http://www.defenderpad.com/

http://weedyaninkrum.wordpress.com/2012/12/05/10-makanan-untuk-kulit-cerah-dan-bercahaya/alpukat/

http://www.buyfruit.com.au/strawberries